Stay Positive ya Ukh, Meski Tamu Bulananmu Datang.. ;)

images (1)

“Sensi banget hari ini? Kenapa?”

“Iya nih, maklum lagi dapet hari pertama. Bawaannya dari tadi pengen marah aja. Huh.”

Sering gak sih kita yang perempuan, jadiin alasan ‘lagi dapet’nya untuk gak bisa menahan emosi? Rata-rata biasanya bilang iya.

Memang sih benar, kondisi hati ngerasa aneh, gak enak, kadang emosinya suka labil, dan sebagainya. Mungkin salah satu sebabnya karena memang ada perubahan hormon di saat perempuan menstruasi bila ditinjau dari segi kesehatannya. Kemudian bagi muslimah yang sedang dapet, salah satu alasannya juga bisa jadi karena ibadahnya gak bisa maksimal karena gak bisa solat, baca Qur’an, dan hafalan Qur’annya jg belum boleh lanjut. Oleh karena itu, iman si muslimah ini pun bisa jadi sedikit ngedrop dan ngebuat kurang bisa jaga emosinya.

Awalnya, aku sendiri ngerasa emosi labil saat mens itu emang wajar aja sih, apalagi biasanya di hari pertama dan kedua emang lagi gak nyaman rasanya karena perut terasa keram, kepala pusing, dan kadang ada juga yang sampe lemes. Gapapa itu emang wajar bagi perempuan yang darahnya sedikit terkuras karena siklus mensnya datang. Tapi, setelah aku sempet ikut kajian di kampusku mengenai “Amalan yang bisa Dilakukan Saat Muslimah Menstruasi”, aku jadi lebih paham bahwa saat mens kita tetep harus bisa jaga emosi kita apalagi saat interaksi dengan orang lain.

Pengalamanku salah satunya adalah saat periode mens aku berbarengan dengan janji interview untuk pengumpulan data skripsiku dengan seorang Supervisor dan Kepala Internal Audit perusahaan. Rasanya saat itu benar-benar campur aduk, antara harus menahan keram hari pertamaku, tetap harus siap untuk interview, dan fokus dengan apa yang harus aku tanyakan. Tapi, Alhamdulillah hari itu lancar, bahkan aku sempat gak sadar kalo aku lagi dapet. Padahal biasanya kalo lagi dapet, itu perasaan bawaannya pengen negatif mulu. Tapi ternyata kalo emang diniatin dan bisa ngejaga emosi sendiri pun gak akan ada masalah yang berarti. Meski perasaan lagi gak enak, yang harus kita tunjukkan ke orang lain tetaplah sikap yang baik, dan mens jangan dijadikan alasannya.

Oh ya, sebenarnya arah tulisanku ini pengen nyampein bahwa kita sebagai muslimah tetep bisa kok stay positive dan mengerjakan amalan ibadah meski lagi dateng periode mensnya. Justru kita harus bersyukur bila datang mensnya, sebab itu berarti tandanya siklus kita baik-baik aja dan jadi pertanda juga kalo kita subur, Aamiin.

Meski lagi gak boleh solat, puasa, dan beberapa ibadah rutin yang biasanya kita kerjakan, tetep masih ada hal-hal yang bisa kerjakan untuk tetep menjaga kedekatan kita sama Allah Swt. Kira-kira amalan yang bisa dilakuin antara lain:

  • Berdoa
  • Zikir, banyak mengingat Alloh
  • Muroja’ah (mengulangi hafalan Qur’an)
  • Belajar, menuntut ilmu
  • Baca buku-buku agama atau buku lainnya yang manfaat
  • Menolong orang
  • Sedekah
  • Perbanyak sabar
  • Berbakti pada Orang Tua
  • Dan lain sebagainya yang merupakan hal-hal bermanfaat untuk mengisi waktumu

Jadi, intinya, tetep ya dijaga emosi, sikap, dan tutur katanya saat lagi beraktivitas dengan orang lain meski lagi datang tamu bulanannya. Sebab senyummu saat datang bulan tetap sedekah, bukan? Tetep bersyukur karena kondisi tubuhmu tetep sehat dengan datang bulanmu yang rutin. Gak enaknya bentaran aja kok, beneran.. Stay positive ya ukh, meski tamu bulananmu datang.. 😉

Leave a comment